Posted by : Kira's Blog Kamis, 03 Februari 2011


Kemampuan baterai laptop/notebook akan selalu menurun seiring dengan waktu, anda menggunakan atau pun tidak pasti tetap menurun, biasanya baterai laptop/notebook itu akan bertahan antara satu sampai dua tahunan, dan kita bisa juga memperlambat penurunan kemampuan baterai tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah umur baterai anda :

1) Habiskan Power yang tersisa pada laptop/notebook anda terlebih dahulu sampai Critical Battery alert dari Windows/OS anda, baru kemudian anda isi full kembali baterai laptop/notebook anda.

2) Hindari over charging pada laptop/notebook anda, karena tidak semua laptop/notebook yang sudah terisi full mempunyai system auto cut “untuk menghentikan/mengalihkan arus penggunaan langsung ke pemakaian computer (ketika komputer nyala/konsumsi komputer).

3) Jika anda sedang bekerja di kantor ataupun dirumah dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya tidak usah menggunakan baterai, bila menggunakan cara ini sebaiknya dalam 3 hari sekali anda harus isi-keluarkan energi pada baterai laptop/notebook anda, misalnya sudah 3 hari baterai laptop/notebook anda disimpan, lalu anda pakai baterai tersebut untuk menggunakan laptop/notebook anda tanpa charger, setelah Critical Battery dari Windows/OS anda, lalu isilah kembali baterai laptop/notebook anda, setelah penuh simpan kembali, penggunaan seperti ini akan memperkecil kemungkinan baterai sering over charging dan mengurangi seringnya baterai dicharge dan dipakai kembali ( 300-800 kali pemakaian, kemampuan baterai akan menurun).

4) Hati-hati ketika melepas baterai, ikuti petunjuk untuk melepas baterai laptop/notebook anda, juga jangan sampai baterai jatuh , karena bisa menyebabkan komponen didalam akan rusak.

5) Jika baterai laptop/notebook anda akan disimpan dalam jangka waktu yang lama, biasakan untuk full charge baterai terlebih dahulu, untuk jenis baterai litium biasanya akan turun kapasitasnya sekitar 1% perhari.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Select Your Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Total View Page

Visitors

free counters

Clock

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.