Posted by : Kira's Blog Minggu, 06 Februari 2011



Laptop/notebook adalah alat yang rentan terhadap bahaya kerusakan akibat cara penggunaan yang salah. Berikut ini adalah tips-tips dalam penggunaan dan perawatan laptop/notebook agar tetap awet dan tidak bermasalah. Antara lain sebagai berikut:

  1. Letakan laptop/notebook anda pada tempat yang mempunyai permukaan datar atau rata, permukaan yang tidak rata akan mengakibatkan posisi laptop miring dan saat menerima ketukan keyboard akan mengakibatkan goncangan pada hardware di dalamnya. Dan dampak dalam waktu lama akan membuat kerusakan.
  2. Jauhkan dari air. Biasanya sambil bekerja minum kopi atau minuman yang diletakan dimeja tempat menaruh laptop/notebook, dampaknya jika keyboard laptop/notebook anda tersiram kopi/air, akan berakibat fatal, akan terjadi konsleting dan harus ganti motherboard.
  3. Jangan biasakan bekerja sambil menaruh laptop/notebook anda di pangkuan, dalam waktu lama, radiasi laptop akan mengganggu kesehatan reproduksi selain itu, tidak ada kestabilan letak laptop/notebook itu sendiri akibat goncangan.
  4. Laptop/notebook, memang diciptakan untuk mobile, tetapi goncangan saat membawanya atau bahkan pernah jatuh, akan berakibat pada kerusakan motherboad atau lcdnya sendiri.
  5. Tas pelindung laptop/notebook dari bahan dasar gabus berbalut katun tipis yang halus bisa meredam panas saat dipakai kerja dalam waktu lama, daripada bersentuhan langsung pada meja.
  6. Laptop di Indonesia umumnya sudah 220 volt, tetapi untuk laptop keluaran Jepang atau ex Jepang masih 110 volt, Sediakan adaptor penurun tegangan.
  7. Belilah laptop/notebook di toko terdekat di daerah anda, sehingga bila ada masalah atau kerusakan akan mudah dan cepat mengurusnya. Karena itu simpan baik-baik kartu garansinya.
  8. Untuk kecepatan akselerasi laptop/notebook anda, installah program sesuai kebutuhan saja, sehingga bisa menghemat memori dan hardisk anda.
  9. Bila laptop/notebook anda selalu berhubungan dengan internet, Antivirus menjadi suatu keharusan mutlak dan harus diupdate.
  10. Istall program perawatan untuk systemnya, seperti Easy cleaner dari Toniart yang gratis, untuk menghapus file-file sampah dan sisa-sisa registrasi saat meninstall program atau uninstall program.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Select Your Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Total View Page

Visitors

free counters

Clock

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.