Posted by : Kira's Blog Kamis, 17 Maret 2011

Cara membuat subtitle cukup mudah. Program yang digunakan cukup sederhana, yaitu Notepad. Caranya mudah, perhatikan contoh subtitle yang saya buat berikut:

Nomor subtitle harus digunakan agar teks tersebut bisa muncul. Waktu kemunculan dan menghilangnya teks, berformat j:mm:dd.mdmdmd (j=jam, m=menit, d=detik, md=milidetik). Sebaiknya, jika ingin membuat subtitle harus menggunakan software pemutar video yang memunculkan hingga mili detik. Sayangnya saya tidak memiliki pemutar video seperti itu, jadi milidetiknya saya kosongkan. Setelah selesai membuatnya langkah terakhir adalah mengubah ekstensi file tersebut menjadi *.ssa atau *.srt. Caranya bisa anda lihat di postingan saya yang lain yaitu Cara Merubah Ekstensi File. Cara memunculkannya bisa dilihat di postingan saya yang berjudul Cara Memunculkan Subtitle.

Sebenarnya, meskipun mudah tetapi perlu mengutamakan konsentrasi saat membuatnya. Selain itu, membuat subtitle itu cukup melelahkan. Jadi, sebaiknya anda mencari subtitle yang berbahasa Inggris lalu meng-editnya ke dalam Bahasa Indonesia agar tidak terlalu melelahkan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Select Your Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Total View Page

Visitors

free counters

Clock

Followers

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.