Posted by : Kira's Blog Minggu, 26 Februari 2012

Cisco mengatakan bahwa jumlah perangkat mobile akan menyaingi jumlah manusia mulai akhir tahun ini. Ini terungkap dari riset trafik dari data perangkat mobile yang dilakukan perusahaan jaringan tersebut.

Cisco menyatakan, tingkat pertumbuhan trafik dari data mobile meningkat sejak tahun lalu. Jika pada 2010 tingkat pertumbuhan mencapai 131 persen, tahun ini akan mencapai 133 persen.

"Sedangkan trafik dari data mobile secara global pada 2011 (597 petabytes per bulan) meningkat delapan kali lipat dari 2000 (75 petabytes per bulan)," demikian hasil riset yang dirilis di situs Cisco.

Data Cisco juga memperlihatkan tingkat rata-rata penggunaan smartphone meningkat tiga kali lipat pada 2011. Jika pada 2010 tercatat sekitar 55 MB per bulan, pada 2011 mencapai 150 MB per bulan.

Kemudian Cisco menyebut bahwa pada akhir 2012, jumlah perangkat mobile yang terkoneksi akan menyaingi jumlah manusia di muka bumi. Bahkan, Cisco memprediksi ada 1,4 perangkat mobile per kapita pada 2016.

"Akan ada 10 miliar perangkat mobile yang terkoneksi pada 2016, termasuk machine-to-machine (M2M). Ini melebihi populasi manusia saat itu (7,3 miliar)," tulis Cisco.

Konsumsi Data
Kenaikan data konsumsi ini menyebabkan sejumlah operator akan berjuang keras menghadapi permintaan pelanggan, terutama dalam hal data.

Saat ini, rata-rata pengguna smartphone menggunakan 150 MB data per bulan. Namun, pada 2016 diperkirakan meningkat hingga 2,6 GB.

"Pada 2016, sekitar 60 persen pengguna mobile --sekitar tiga miliar di seluruh dunia-- akan masuk ke dalam golongan Gigabyte Club, yang akan mengonsumsi satu gigabyte data mobile dari trafik per bulan," kata Suraj Shetty, Vice President of Products and Solution Cisco.

Ada banyak faktor yang menumbuhkan konsumsi data ini. Antara lain penggunaan tablet akan lebih banyak, dan kebutuhan data yang digunakan lebih banyak ketimbang smartphone.

Menurut Cisco, pengguna tablet sudah 'meledak' pada 2011, hingga 34 juta perangkat. Masing-masing tercatat trafik datanya tiga kali lipat dari smartphone. Pada 2016, tablet diprediksi menghabiskan 10 persen dari trafik mobile secara global.

Faktor lain adalah jaringan yang lebih cepat, terutama dengan teknologi 4G. Tapi, saat ini jaringan 4G baru tersedia sekitar 0,2 persen dari koneksi mobile. Namun, trafik mobile datanya sudah tercatat 6 persen.

Cisco menyebut jaringan 4G akan menghabiskan 28 persen trafik lebih banyak dari koneksi non 4G.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Select Your Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Total View Page

Visitors

free counters

Clock

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.