Posted by : Kira's Blog Minggu, 26 Februari 2012

Bicara Apple, orang pasti langsung mengingat almarhum Steve Jobs. Setelah berpikir lebih lama, mungkin selanjutnya teringat Steve satunya lagi, Steve Wozniak.

Namun pendiri ketiga perusahaan ini, Ronald Wayne, nyaris tidak pernah disebut dalam sejarah Apple.

Mungkin ini karena Wayne meninggalkan Apple 12 hari setelah perusahaan tersebut didirikan.

Mengingat Apple sekarang merupakan salah satu perusahaan terkaya di muka bumi ini, mungkin banyak orang yang menduga Wayne merasa sangat menyesal dengan keputusan yang dulu diambilnya.

Namun dalam postingan yang ditulis pria 77 tahun ini di Facebook, ia mengaku sama sekali tidak menyesali keputusannya itu.

"Aku tidak kehilangan miliaran dolar seperti yang banyak diberitakan media," ujarnya, seperti dikutip dari PC Mag, Jumat, 24 Februari 2012. "Aku mungkin kehilangan beberapa juta dolar. Dan sejujurnya, antara kau dan aku saja, itu adalah pembentukan karakter," ujarnya.

Ironisnya, ia juga mengatakan bila dulu ia tahu bahwa empat tahun setelah pendiriannya Apple akan mengadakan penawaran saham perdana yang bisa membuatnya menjadi miliuner, ia akan bertahan di perusahaan itu selama empat tahun tersebut. "Namun setelah itu aku akan tetap mengundurkan diri," ujarnya.

Ia mengatakan alasannya meninggalkan Apple adalah karena ia memandang perusahaan itu bukanlah tempat yang cocok untuknya mengembangkan diri di sisa hidupnya.

"Steve dan Steve punya proyek untuk diri mereka sendiri. Mereka ingin mengubah dunia dengan cara mereka. Dan aku ingin mengubah dunia dengan caraku sendiri," katanya menambahkan.

Ronald Wayne merupakan rekan sekerja Apple di Atari dan memegang saham Apple sebesar 10 persen.

Ia mendirikan Apple bersama duo Steve pada 1 April 1976, dan merancang logo pertama Apple yang menggambarkan Newton duduk di bawah pohon buah itu.

Setelah keluar dari Apple dan melepas sahamnya, ia bekerja di laboratorium nasional Lawrence Livermore dan menjalankan sebuah toko perangko di Milpats, California.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Select Your Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Total View Page

Visitors

free counters

Clock

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.