Posted by : Kira's Blog Sabtu, 10 Maret 2012

Google memperingati kelahiran Robert Noyce, salah satu pendiri Intel dan penemu sirkuit terintegrasi, yang kemudian melahirkan microchip. Temuan Noyce, bersama Jack Kilby, inilah yang kemudian melahirkan revolusi personal computer.

Karena itu, untuk mengenang hasil karya Noyce, Google memasang doodle bergambar chip di halaman utama mesin pencarinya.

Noyce yang lahir pada 12 Desember 1927 di Iowa ini merupakan salah satu pendiri Fairchild Semiconductor di tahun 1957 dan perusahaan chip terkemuka, Intel, pada tahun 1968. Dengan berkembangnya industri chip, industri teknologi pun berkembang di salah satu kawasan di California.

Kelak, kawasan itu kemudian dikenal dengan nama Silicon Valley. Berkat jasa Noyce di dunia teknologi inilah Noyce mendapat julukan: Walikota Silicon Valley.

Lulusan Massachusetts Institute of Technology ini juga yang memegang paten atas sejumlah penemuan mengenai struktur dan perangkat semiconductor.

Noyce meninggal pada tahun 1990 di Austin, Texas, pada usia 60. Keluarganya pun kemudian mendirikan Noyce Foundation, sebagai yayasan pengembangan pengajaran matematika, sains, dan pemberantasan buta-huruf di sekolah-sekolah Amerika Serikat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Select Your Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Total View Page

Visitors

free counters

Clock

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.